Musim
hujan telah tiba, artinya motor bro-sis harus sudah siap untuk menerobos
hujan dan melewati jalanan yang penuh dengan genangan air hujan.
Jangan sampai motor bro-sis menghambat aktivitas bro-sis karena tiba-tiba motor rusak atau mogok, berikut ini ada 10 tips dari RAMA MOTOR untuk merawat motor bro-sis di musim hujan.
Jangan sampai motor bro-sis menghambat aktivitas bro-sis karena tiba-tiba motor rusak atau mogok, berikut ini ada 10 tips dari RAMA MOTOR untuk merawat motor bro-sis di musim hujan.
1. CUCI MOTOR Setelah motor
digunakan berkendara di tengah guyuran hujan, sebaiknya Anda mencucinya. Meski
tak punya banyak waktu, sebaiknya Anda sempatkan untuk mencucinya Meskipun
hanya mengguyur seluruh bodi dan bagian-bagian penting lainnya. Selain motor
tetap terlihat baru dan mengkilap hal ini juga dapat menghindari motor anda
terkena karat.
2. BERSIHKAN RANTAI. Bagian lain dari
motor yang rawan bermasalah setelah dikendarai di tengah guyuran hujan adalah
rantai. Terlebih motor yang tidak menggunakan tutup rantai. Air hujan yang
bersifat asam memicu terjadinya karat pada peranti itu. Pada sisi lain,
setelah melibas lubang yang tertutup genangan air hujan, rantai juga kendur.
Oleh karena itu, kencangkan setelan rantai sesuai dengan standar. Disarankan
juga untuk melumasi rantai motor anda dengan pelumas rantai tentunya.
3. BERSIHKAN KANVAS REM. Kanvas rem terbuat
dari bahan asbes. Bahan tersebut bila banyak terkena air akan menggelembung dan
mengeras pada saat kering. Akibatnya, rem terasa keras pada saat pedal rem
diinjak atau bahkan muncul suara mendecit atau suara keras lainnya. “Oleh
karena itu, setelah motor dicuci dan dibersihkan, jalankan motor dan
sering-sering menginjak pedal rem agar kanvas benar-benar kering,” Begitu
pun dengan rem cakram di roda depan. Rem cakram bersifat terbuka. Padahal saat
dipacu kencang di tengah guyuran hujan, kotoran menempel pada kanvas rem maupun
piston.
4. PERIKSA TEKANAN BAN. Setelah selesai
menerobos genangan air hujan, sebaiknya Anda memeriksa tekanan angin ban.
Pastikan besaran tekanan itu sesuai dengan standar pabrikan. Ban yang
tekanan anginnya kurang dari standar, sangat rentan cepat aus. Pasalnya, dengan
tekanan kurang, maka permukaan telapak ban yang bersentuhan langsung dengan
permukaan jalan semakin banyak. Selain menjaga tekanan angin, sebaiknya
juga mencuci ban. Sikat bagian telapak dan dinding samping ban. Hal ini selain
untuk menghilangkan unsur asam yang ada di air hujan, juga unsur lain seperti
lumpur atau kotoran yang menempel di ban. Beberapa kotoran seperti bekas
deterjen, oli, minyak tanah, bensin, yang sebelumnya tumpah di jalan bisa
terbawa atau berada di genangan air hujan. Unsur-unsur yang ada di zat itu memicu
karet ban cepat getas.
5. BERSIHKAN KNALPOT. Pada umumnya,
bagian dalam knalpot dan leher knalpot akan keropos bila banyak kotoran
menempel di bagian itu. Terlebih bila kotoran tersebut bercampur dengan air
hujan. Oleh sebab itu, bila motor telah melibas genangan air hujan atau
banjir dan air hujan masuk knalpot, sebaiknya air dikeluarkan. Setelah motor
dicuci bersih, panasi mesin. Setelah itu, semprotkan oli ke dalam bagian
knalpot dan olisi bagian leher knalpot dengan grease. Kemudian panasi lagi
mesin motor sekitar 5 menit.
6. KERINGKAN PENUTUP
BUSI.
Setelah motor selesai digunakan, sebaiknya Anda mencabut cop atau karet penutup
busi kemudian tiup dan lap dengan air bersih. Begitu pula dengan kabel busi
serta businya.
7. BERSIHKAN SARINGAN
UDARA.
Udara merupakan unsur penting untuk pembakaran bahan bakar di ruang bakar
mesin. Bila peranti ini basah karena air hujan masuk atau merembes ke dalamnya,
maka udara akan bercampur embun.
8. BERSIHKAN REM
DEPAN / BELAKANG.
Seringkali rem akan bunyi apabila basah terkena air, amplas kanvas rem dan
tromol agar rem lebih pakem dan menghindari bunyi.
9. BERSIHKAN KABEL BODY. Hindari kabel body
dan socketnya dari air karena bisa mengakibatkan konslet sehingga bisa merusak
komponen kelistrikan.
Mudah – mudahan hal di atas bisa diperhatikan, sehingga umur sepeda motor anda bisa lebih lama.
Mudah – mudahan hal di atas bisa diperhatikan, sehingga umur sepeda motor anda bisa lebih lama.
10. BERSIHKAN JARI-JARI /
VELG.
Gunakan lap bersih untuk mengkeringkan jari-jari roda yang kebasahan. Bila
tidak, jari-jari pada velg motor akan keropos. Keropos pada velg memang tidak tampak
di luar, tapi terjadi di dalam velg.
Demikian
tips merawat sepeda motor di musim hujan, semoga tips ini bermanfaat. Jaga
selalu motor bro-sis karena motor bro-sis adalah cerminan diri
bro-sis sendiri.
Salam
Satu Hati,
RAMA MOTOR
Dealer
Resmi Sepeda Motor Honda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar