Tips Agar Motor Honda Anda Awet
1. Servis Rutin. Setiap 2 bulan atau 2000 kilometer (tergantung mana yang
lebih dulu di capai), hal itu tentu sangat penting mengingat kita tidak
memiliki peralatan yang secanggih bengkel favorit kita, disarankan ke bengkel
Ahass, karena item pemeriksaan lebih detail bergaransi, klo soal harga nggak
mahal koq, dari pada buka-buka sendiri di rumah dengan kunci-kunci yang kurang
pas dengan baut/murnya, bisa-bisa malah ada yang aus/seleg, wah bisa berabe,
ujung-ujungnya malah ngeluarin duit lebih banyak lagi buat betulinnya.
2. Cuci motor anda! Cuci sendiri / steam juga boleh, lakukan dengan rutin,
setiap motor kita kucel, berdebu, sebaiknya bikin motor tungganngan kita selalu
bersih, karena motor yang jorok berbeda rasanya waktu dinaiki dengan motor yang
keadaannya bersih, betul nggak?
3. Periksa dan pastikan Oli tidak
pernah telat ganti. Masa ganti oli sama dengan waktu
servis, 2000km/2bln, Oli adalah bagian dari mesin yang tidak bisa di hindarkan
pemeriksaan rutinnya.
4. Adakah rembesan-rembesan oli di
bawah mesin anda! Periksa, karena kalo ditemukan oli
anda akan berkurang, akibatnya kapasitas oli tidak sesuai dan mesin akan cepat
panas serta beberapa komponen mesin akan cepat aus, selanjutnya hal-hal yang
terjadi adalah:
- Knalpot keluar asap putih
- Suara mesin kasar
- Tarikan motor berat
Nggak enak dech pokonya….
Wuih… ngeri kan? kalo dah gitu kita jadi ngrogoh dompet dech dan habisnya ratusan ribu buat betulinnya!
Wuih… ngeri kan? kalo dah gitu kita jadi ngrogoh dompet dech dan habisnya ratusan ribu buat betulinnya!
5. Rante jangan dibiarkan kering. Kalo rante roda kering, cepet-cepet lumasin pake oli yang
SAE-nya 80-90 kalo terlalu encer, maka akan cepet kering lagi, kalo sering
kekeringan rante cepet melar, akibatnya sering kendor dan harus sering-sering
disetel trus nggak lama minta ganti dech… tapi kalo rutin ngecek dan lumasin
rante, dijamin awet!
6. Panaskan mesin 2 – 3 menit saja. Kebanyakan bikers penunggang honda kalo manasin mesin bisa
sampe 10-15 menit, perlu diketahui bahwa itu adalah cara yang TIDAK TEPAT alias
SALAH!, kenapa? sebab ada beberapa hal akibat dari cara yang salah itu antara
lain:
- Mesin cepat panas – karena pada kondisi mesin diam, mesin tidak mendapatkan sirkulasi udara yang maksimal dan karena RPM mesin kecil sehingga sirkulasi pelumasan dari ruang mesin bawah ke blok mesin atas kurang maksimal, sehingga bagian mesin atas akan cepat mengalami overheating (kepanasan), berbeda pada saat kondisi jalan, ada udara yang secara paksa mengipasin mesin, jadi mesin mendapatkan sirkulasi udara secara maksimal serta RPM yang tinggi membuat mesin mendapatkan pelumasan yang lebih sempurna.
- Bensin boros – karena pada saat manasin mesin kondisinya berhenti maka campuran bahan bakar dan udara tidak seimbang, bensin lebih banyak masuk keruangan pembakaran sedangkan udara lebih sedikit, akibatnya campuran menjadi kaya sehingga apabila di cek businya akan kelihatan kehitam-hitaman, hal ini tandanya bahan bakar yang di konsumsi oleh mesin terlalu banyak alias boros.
Jadi kalo manasin mesin motor honda
anda sebelum ditunggangi paling lama 3 menit saja. di jamin mesin awet!
7. Gunakan HGP (Honda Genuine Parts). Spare part lain tidak menjamin kualitasnya, tapi Honda
Genuine Parts berani bicara, apalagi sekarang HGP sudah mengeluarkan Spare
Parts Honda yang BERGARANSI! untuk informasi hubungi ahass-ahass terdekat di
kota Jawa Barat, karena Spare part yang bergaransi tersebut itemnya terbatas.
Okey, mungkin masih banyak lagi
tips-tips lain yang bikin motor honda bikers awet, kalo ada yang mau nambahin
boleh saja, silahkan kirim komentarnya. Semoga bermanfaat.
Salam Satu Hati
RAMA MOTOR
Dealer Resmi Sepeda Motor Honda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar